Cantik, sebuah kata yang tentunya ingin didengar oleh setiap wanita. Cantik merupakan ungkapan pujian bagi wanita yang dalam arti sempitnya ialah kecantikan secara fisik. Konsep kecantikan ini sendiri berbeda antara individu yang satu dengan individu lainnya. Dalam skala yang lebih luas masing masing daerah atau pun wilayah memiliki definisi kecantikannya sendiri.
Dewi Mulyati, Head of Consumer Marketing Insight Unilever Indonesia
menjelaskan mengenai apa itu definisi cantik di beberapa negara:
1. Dikaitkan dengan Muda
Ternyata di semua negara, beauty itu dikaitkan dengan muda. "Wanita yang tidak muda lagi, mereka akan mati-matian melakukan sesuatu agar muda kembali," papar Dewi.
2. Dikaitkan dengan Alam
Cntik juga dikaitkan dengan pemberian Tuhan atau dikaitkan dengan alam. Ada yang mau menerima apa adanya, ada yang mau mengubah fisik mereka hingga rela melakukan operasi plastik. Ini biasanya dilakukan oleh wanita di Amerika, Rusia, dan Mexico. Sedangkan Wanita Indonesia mayoritas memilih untuk diet, olahraga, hingga polesan make up untuk mengubah diri mereka menjadi cantik.
3. Holistic Beauty
Kecantikan itu selalu dikaitkan dengan attitude, penampilan dan behaviour.
4. Beauty Berkaitan dengan Tren
Maksudnya adalah kecantikan itu selalu berkaitan dengan tren, boleh ikut tren atau tidak. Tapi mayoritas wanita Indonesia selalu mengikuti tren.
5. Berkaitan dengan Tubuh
Di Amerika, Rusia, dan Mexico, cantik itu selalu dikaitkan dengan tubuh. Sedangkan di Indonesia cantik itu dilihat dari wajah. Ini juga berlaku di India, Jepang dan China.
6. Berkaitan dengan Peranan Pria
Pria itu menentukan parameter beauty. Kalau pria tidak memuji wanitanya, maka si wanita tersebut akan terus-menerus meraa dirinya jelek. Tapi kebiasaan orang Indonesia, kalau dipuji malah tidak percaya dan akan bilang "ah, masa sih? Yang bener?."
7. Berkaitan dengan Sosial Ekonomi
Ya, demi mengubah keadaan atau agar cantik, ada banyak wanita yang rela menggunakan sex appeal.
Ternyata di semua negara, beauty itu dikaitkan dengan muda. "Wanita yang tidak muda lagi, mereka akan mati-matian melakukan sesuatu agar muda kembali," papar Dewi.
2. Dikaitkan dengan Alam
Cntik juga dikaitkan dengan pemberian Tuhan atau dikaitkan dengan alam. Ada yang mau menerima apa adanya, ada yang mau mengubah fisik mereka hingga rela melakukan operasi plastik. Ini biasanya dilakukan oleh wanita di Amerika, Rusia, dan Mexico. Sedangkan Wanita Indonesia mayoritas memilih untuk diet, olahraga, hingga polesan make up untuk mengubah diri mereka menjadi cantik.
3. Holistic Beauty
Kecantikan itu selalu dikaitkan dengan attitude, penampilan dan behaviour.
4. Beauty Berkaitan dengan Tren
Maksudnya adalah kecantikan itu selalu berkaitan dengan tren, boleh ikut tren atau tidak. Tapi mayoritas wanita Indonesia selalu mengikuti tren.
5. Berkaitan dengan Tubuh
Di Amerika, Rusia, dan Mexico, cantik itu selalu dikaitkan dengan tubuh. Sedangkan di Indonesia cantik itu dilihat dari wajah. Ini juga berlaku di India, Jepang dan China.
6. Berkaitan dengan Peranan Pria
Pria itu menentukan parameter beauty. Kalau pria tidak memuji wanitanya, maka si wanita tersebut akan terus-menerus meraa dirinya jelek. Tapi kebiasaan orang Indonesia, kalau dipuji malah tidak percaya dan akan bilang "ah, masa sih? Yang bener?."
7. Berkaitan dengan Sosial Ekonomi
Ya, demi mengubah keadaan atau agar cantik, ada banyak wanita yang rela menggunakan sex appeal.
sumber: http://wolipop.detik.com/read/2013/09/19/081855/2363014/234/definisi-cantik-menurut-pandangan-orang-dari-berbagai-negara
Berdasarkan beberapa pengertian kecantikan diatas, tentu semuanya dikembalikan kepada siapa dan apa yang menjadikan seseorang itu cantik.
Globalisasi Kecantikan
Perkembangan dunia informasi turut membentuk dan mempengaruhi definisi kecantikan seseorang. Salah satu contohnya adalah dengan maraknya iklan kecantikan yang mendefinisikan bahwa seorang wanita yang cantik yaitu mereka yang berkulit putih, tinggi, rambut panjang yang tergerai indah, badan langsing dan sebagainya. Globalisasi pengertian kecantikan ini sudah mendunia dan merubah bagaimana seseorang memandang kecantikan wanita.
Perubahan paradigma kecantikan wanita juga dimanfaatkan oleh kalangan ekonom atau pebisnis untuk berlomba-lomba membuat produk kecantikan. Tentu dari segi peluang bisnis dapat kita maklumi, bahwa kesempatan untuk meraup keuntungan dari bisnis kecantikan ini sangat menjanjikan.
Pembentukan paradigma cantik ini juga dimanfaatkan dalam kontes-kontes kecantikan dunia, seperti Miss Universe ataupun Miss World, yang kalau diperhatikan aspek utamanya adalah penampilan, disamping keahlian dan pengetahuan yang dimiliki.
Tidak ada yang salah dengan konsep kecantikan global seperti ini, namun tentunya sangat disayangkan apabila melihat kecantikan seseorang hanya dari rupa bentuk fisiknya saja. Sementara masih banyak aspek lain dari seorang wanita yang bisa dikatakan cantik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar